https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=10223957809757139&id=1354266635
Sebagian dr kita terlalu sombong akhirnya jadi bodoh, spt org yg cuma hidup di mangkok aja, kyk katak dlm tempurung. Contohnya krn saking sombong, bodoh, rasis terlalu dgn org Tiongkok sampe2 ga punya otak utk berpikir, dianggap tenaga asing akan menguasai Indonesia, wong mikir ga lu bahwa misalnya yg anda sasar itu TKA China, mereka itu negara super maju, kita ga ada seupritnya, kita baru merangkak, mau ga dia jadi TKA di sini yg kerjanya nyangkul2 ? Wong kerjaan kuli kasar di Australia, Singapore dll itu mereka ga ambil, itu kerjaan org Pakistan, Bangladesh kira2 ekonominya di bawah kita, org TKA kuli kasar dr Bangladesh, Pakistan, Filipina aja mentoknya sampe di Singapore krn bayarannya mahal, mereka aja ga lirik sama sekali ke Indonesia apalagi TKA kuli kasar China coy, pakai logika gitu aja. Org China ke sini jadi investor, ngebosss istilahnya, ngawasin investasinya, dgn demikian kita dpt buka lapangan kerja, lapangan kerja terbuka imbasnya ekonomi berjalan, warung2, kos2an akan menghasilkan. Apart2 akan tersewa ke TKA, lapangan2 golf akan terisi mereka main & caddy yg 1 lapangan bisa 200-500 org ada penghasilan 
Trus kita sombong seolah baru buka 1 pabrik sdh gede bgt, aku kasih tahu ya ke kalian, kawasan pabrik Cikarang yg kita anggap gedeee bgt itu, ga ada tai2 nya di sana, bisa2 cuma sekawasan Cikarang itu, di China cuma jatah utk 1 pabrik di sana, jadi jgn norak deh, wong sy pernah berkunjung 1 pabrik sana, mereka produksi 148 merk utk seluruh dunia, gw kaget ada 200 line, sdh ada negara2 nya 
Trus kita norak, merasa Jakarta paling maju & paling mewah, pdhal mereka 1 kota aja contohnya di Shanghai, itu kira2 10 x Singapore ditumpukin jd 1, nah lu ke Singapore aja masih norak, udah kayak ke Mars 
di Kota2 kecil mereka aja sdh lebih besar & maju dari Jakarta.
Saya kasih contoh, sy bbrp x main golf di China, utk memakai jasa caddynya susah, hrs 2 golfer 1 caddy, krn tenaga di sana mahal, jd yg mau ngecaddy sedikit, nah kita di sini, 1 golfer bisa 2 caddy, apalagi pejabat kaya raya, 1 payungin 1 buat pegang rokoknya 
Saya bukan dlm posisi membela Tiongkok atau TKA manapun, cuma mengajak kita berpikir, sedikit aja pakai otak kita deh...bo dianalisa, liat fakta & perkembangan dunia luar ...

Comments
Post a Comment